Petisi Ribuan Orang Desak Jokowi Prioritaskan Lanjut usia Divaksin

Epidemiolog asal Universitas Indonesia( UI), Pandu Riono, menekan Presiden Joko Widodo serta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin buat memprioritaskan orang tua ataupun lanjut umur( lanjut usia) buat divaksinasi COVID- 19.

Desakan itu di informasikan Pandu petisi di platform Change. org. Petisi yang terbuat semenjak Jumat( 29/ 1) kemudian itu saat ini telah diteken lebih dari 4. 200 orang.

” Kami menuntut supaya Pemerintah Republik Indonesia memasukkan lanjut usia umur 60 tahun ke atas, baik tenaga kesehatan ataupun non tenaga kesehatan, ke dalam kelompok prioritas vaksin sesegera bisa jadi,” tulis Petisi tersebut.

Bagi Pandu dkk, vaksin bisa menolong menghindari komplikasi permasalahan Covid- 19. Sehingga, bila lanjut usia yang lebih rentan sudah divaksin, beban rumah sakit serta sistem kesehatan, dan angka kematian juga dapat ditekan https://teknosentrik.com .

Petisi itu membahas salah seseorang dokter yang berumur di atas 60 tahun. Maksudnya, bila menjajaki timeline dari pemerintah, dia wajib menunggu hingga April biar dapat memperoleh kloter vaksin Covid- 19. Sementara itu, bagaikan tenaga kesehatan, dia senantiasa wajib bekerja tiap harinya, menolong mereka yang terpapar Covid- 19.

Vaksinasi di Indonesia sudah diawali semenjak 13 Januari yang kemudian. Apalagi, Jokowi sudah memperoleh dosis vaksin yang kedua. Tetapi, Indonesia berbeda dengan negara- negara yang lain. Buat vaksinasi, pemerintah memprioritaskan kelompok umur produktif 18- 59 tahun.

Kelompok lanjut usia di atas 59 tahun ialah mereka yang sangat rentan tertular serta wafat sebab Covid- 19. Informasi meyakinkan kalau angka kebutuhan hendak perawatan di rumah sakit hingga angka kematian pada lanjut usia di atas 60 tahun jauh lebih besar dibandingkan kelompok umur lain.

Informasi di Indonesia juga menampilkan, angka fatalitas pada lanjut usia merupakan yang paling tinggi. Perihal ini tercantum pula buat para nakes. Mayoritas tenaga kesehatan yang wafat merupakan mereka yang berumur di atas 59 tahun.

Sebagian negeri sudah menjadikan kelompok umur lanjut usia bagaikan prioritas vaksinasi, tidak hanya para tenaga kesehatan. Misalnya di Jerman, ataupun pula di Turki, kala Presiden Erdogan yang berumur di atas 59 tahun pula disuntik vaksin Sinovac.

Di Israel, sebab lansianya telah lebih dahulu divaksin, angka lanjut usia yang kritis sebab Covid- 19 menurun dari 30 persen jadi 7 persen saja.

Baca Juga : mentri retno

” Teruji, kan, betapa berartinya vaksin buat lanjut usia? Oleh karena itu, Bantu sebarkan petisi ini ya.#VaksinLansiaSegera!,” demikian bunyi petisi.

Tidak hanya Pandu, anggota petisi yang turut jadi inisiator merupakan dokter Thalca Hamid serta dokter Daldiyono.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *