Panduan Pengenalan untuk Pendingin Udara Portabel

Hampir 70 tahun telah berlalu sejak AC ditemukan, tetapi Bumi tidak menjadi lebih dingin! Meskipun menjadi kebutuhan virtual bahkan sebelum musim panas tiba, AC masih merupakan kemewahan bagi banyak orang. Unit AC sentral masih merupakan pembelian yang mahal untuk rumah dan mungkin berlebihan di hunian yang lebih kecil. Hal yang baik adalah AC portabel telah muncul karena ini adalah pilihan yang layak bagi pemilik rumah yang ingin mengalahkan panas dengan anggaran.

Apa itu?

Unit AC portabel berbeda dari unit pendingin sentral atau unit yang dipasang di dinding karena ukurannya yang kecil dan bergerak. Kebanyakan unit portabel memiliki tinggi 29-34 inci dan berat 30-36 kilogram. Tidak perlu melakukan pemasangan permanen saat menggunakan AC portabel. Ini berarti tembok bisa tetap utuh!

Kadang-kadang, istilah “AC portabel” dan “pendingin udara portabel” digunakan secara bergantian, meskipun seharusnya tidak demikian. Yang pertama menggunakan kompresor dan Freon sebagai pendingin, sedangkan Freon beroperasi berdasarkan prinsip penguapan air. Dengan pemikiran ini, AC portabel mampu mendinginkan seluruh ruangan lebih efisien daripada pendingin udara, serta memiliki efek dehumidifying.

Bagaimana cara kerjanya?

Pemilik rumah memerlukan hal-hal berikut untuk memasang AC portabel:

Ruang untuk unit, Titik listrik, Ventilasi buang untuk udara panas.

Pengoperasian AC portabel mirip dengan sistem AC tradisional. Unit mendinginkan ruangan dengan menggunakan siklus lemari es dan Freon, seperti yang disebutkan di atas. AC portabel terdiri dari rangka kotak yang berisi sisi panas dan dingin serta selang pembuangan yang digunakan untuk mengeluarkan udara panas di luar ruangan dan biasanya sepanjang 5-7 kaki. Kondensasi yang dihasilkan dari pendinginan digunakan kembali untuk mendinginkan unit itu sendiri, meskipun kondensat berlebih dapat terbentuk sesekali.

Ada dua cara untuk menghilangkan kelebihan kondensat:

Pembuangan manual – kondensat terkumpul dalam ember atau baki di dalam unit dan harus dikosongkan dari waktu ke waktu.

Penguapan – kondensat menguap dan dibuang melalui selang ventilasi utama melalui langit-langit, jendela atau dinding.

Ventilasi biasanya dilakukan melalui jendela dan dapat dilakukan dengan kit adaptor. Ini biasanya disertakan dengan unit AC portabel. Kit berfungsi untuk menjaga selang ventilasi tetap di tempatnya dan juga mengisolasi jendela atau ruang yang sebagian terbuka.

Dimana Saya Bisa Menggunakannya?

Berkat ukurannya yang kecil dan portabilitas yang ekstrem, AC ini paling baik untuk area kecil yang membutuhkan pendinginan titik yang lebih cepat. Contohnya termasuk apartemen, kantor rumah, ruang server dan lokasi lain di mana memasang unit AC besar tidak memungkinkan. Untuk kepentingan konservasi energi dan pendinginan cepat, ini juga dapat digunakan di rumah yang lebih besar untuk mendinginkan beberapa ruangan tertentu juga.

Mengapa Saya Harus Menggunakannya?

Pemasangan yang mudah – unit dapat dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain tanpa kesulitan karena tidak harus diikat secara permanen ke apapun.

Portabilitas – sebagian besar, jika tidak semua, AC portabel dilengkapi dengan kastor bergulir. Dengan begitu, unit dapat ditempatkan secara virtual di mana pun Anda inginkan dan memindahkannya tidak akan menimbulkan hernia dalam prosesnya.

Fungsi two-in-one – tidak hanya mendinginkan udara, proses pendinginannya sendiri memungkinkan unit bertindak sebagai dehumidifier. Selain itu, semakin banyak AC portabel yang mengandung pembersih udara untuk memastikan udara yang lebih bersih bagi pengguna.

Efisiensi energi – unit portabel harganya jauh lebih murah untuk dioperasikan dibandingkan dengan unit AC sentral berkat ukurannya yang lebih kecil. Pemborosan energi juga lebih sedikit jika menyangkut unit yang lebih kecil karena mereka dapat mendinginkan area tertentu lebih cepat.

Keterjangkauan – kurangnya biaya pemasangan, prinsip pengoperasian dasar, dan ukuran unit AC portabel membantu menekan harga. Unit yang lebih hemat energi akan sedikit lebih mahal, tetapi bahkan ini akan lebih rendah daripada harga unit AC biasa. Perawatan unit portabel juga jauh lebih mudah dan lebih murah, dan mudah untuk melakukan perbaikan kecil sendiri.

Perbandingan dengan AC Sentral

Seperti namanya, AC portabel hanya mampu mendinginkan area yang kecil dibandingkan AC biasa. Selain itu, unit portabel cenderung lebih berisik daripada unit yang dipasang secara permanen. Ini juga bisa menjadi tugas yang melelahkan jika Anda memilih unit portabel di mana kondensasi harus dihilangkan secara manual. Selang ventilasi dan bahkan unitnya sendiri mungkin terbukti mengganggu bagi mereka yang terbiasa menjaga kebersihan lantai.

Jika AC anda mengalami keruskan dan Anda membutuhkan jasa service AC untuk pemeliharaan, Anda dapat menghubungi Service AC Batam untuk menangani masalah AC Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *